08 August 2020

Jenis - Jenis Perangkat Penyimpan Data

Jenis-Jenis Perangkat Penyimpan Data - Digunakan untuk menyimpan data dan program dari komputer, Perlu di jelaskan di sini karena Jenis- Jenis Perangkat Penyimpan Data sangatlah penting untuk kita pelajari karena Perangkat ini sangatlah simpel dan mudah kita gunakan. di sini saya jelaskan pula Perangkat Penyimpanan Data dari masa kemasa
Ilustrasi Jenis-jenis perangkat penimpanan data

Ada beberapa jenis Perangkat Penyimpanan Data yang letaknya di luar Komputer:

Perangkat Penyimpanan Data

  • kita bahas disini yang pertama ialah Disket atau Floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri atas sebuah medium penyimpanan maknetis bulat yang tipis dan lentur serta dilapisi plastik yang lentur dan berbentuk persegi. 
    Disket
    Disket "Dibaca" dan "ditulis" menggunakan Floppy disk driver (FDD) 
    Floppy disk Drive
  • Flashdisk Pernahkah kalian mendengar Istilah Flashdisk ? Saat ini mungkin kalian telah memilikinya Flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang menggunakan Teknologi Universal serial Bus (USB). Flashdisk berbentuk kecil, ringan, serta di tulis dan di baca dengan mudah, Flashdisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar di bandingkan disket, Kapasitas penyimpanan Flashdisk  hingga sampai 64GB, Flashdisk Alat ini Kecil dan punya kapasitas besar serta dapat di andalkan. 


Flashdisk
Perlu saya tambahkan karena di era ini Flashdisk merupakan perangkat penyimpanan yang sangat banyak digunakan oleh semua orang yang menyimpan File berkas dll bagaimana agar flashdisk awet, Flashdisk perlu di jaga dengan baik. 

Berkut ini tips menjaga Flashdisk yang sebaiknya kamu lakukan : 
  1. Hindari dari Magnet. sebaiknya jangan menyimpan Flashdisk dekat dengan benda yang mengandung magnet berkekuatan besar juga jangan menyimpan Flashdisk dalam satu kantong dengan Ponsel, karena gelombang elektromagnetik dari ponsel dapat merusak Flashdisk 
  2. Hindari dari Virus, Virus dapat masuk di Flashdisk jika kamu sering menggambil data dari internet atau Komputer Orang lain melalui Flashdisk Virus yang masuk akan merusak data yang tersimpan selanjunta akan merusak file sehingga tdak akan terbaca sama sekali. 
  3. Hindari Flashdisk dari air, beberapa perusahaan pembuat Flashdisk mengklaim produknya anti air, tetapi jangan sekali-kali kalian mencobanya memasukkan Flashdisk kedalam air karena air dapat menghilangkan data dalam Flashdisk.
  4. Gunakan Flashdisk dengan benar, dalam hal ini kita terkadang ketika kita selesai menggunakannya, Flashdisk langsung dicabut dari Port USB komputer, cara semacam ini sangat mempengaruhi data-data yang tersimpan, sebaiknya ikutilah prosedur dengan melakukan proses stop atau ejeck terlebih dahulu baru mencabut agat Flashdisk tetap awet.
diatas adalah tips nya agar Flashdisk tetap awet.

  • Selanjutnya jenis Alat Penyimpan Data ialah Piringan Optik, Piringan Optik adalah alat penyimpan berbentuk piringan kompak dari jenis piringan Optik "optical disc". Piringan Optik ini mampu menyimpan data sekaligus dapat menuliskan data dan program melalui sistem Optik, Ukuran data yang dapat disimpan mencapai lebih dari 600 MB. berikut ini ialah jenis - jenis piringan CD yang seting kita lihat di pasaran  tang terbagi menjadi tiga jenis yaitu : 
  1. CD-ROM ialah tempat meletakkan CD-R kepanjangan dari (Compak Dick Read Only Memori) tidak dapat menghapus data di dalam CR-R maupun DVD-R. 
    CD-ROM
  2. CD-R merupakan singkatan dari Compact Disc Recordable. CD-R dapat menyimpan data seperti disket akan tetapi isinya tidak dapat di umah lagi nama lain dari CD-R bisa kita sebut dengan CD-blank karena isinya masih kosong. 
    CD-R
  3. CD-RW singkatan dari Conpact Disc Rewritable adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri kemudin isinya bisa kita hapus jika kita inginkan, harganya CD-RW biasanya lebih mahal dari pada CD-R.
    CD-RW
  4. DVD-Rom Digital Versatile Disc merupakan tempat untuk membaca piringan jenis DVD, DVD-R dan DVD-RW mempunyai kapasitas besar dala menyimpan data sebanyak 4.3 GB.
    DVD-ROM
    Contoh Gambar DVD-RW. 
    DVD-RW
    Contoh Gambar DVD-R. 
DVD-R


Kemudian Jenis Perangkat penyimpanan data selanjutnya ialah. Harddisk Ekternal. sering di sebut dengan rekondary, Harddisk Ekternal ini di pasang diluar perangkat komputer dengan menggunakan kabel USB ataupun Fire wire. Harddisk Ekternal digunakan untuk menambah kapasitas rungan penyimpanan sekunder atau untuk melakukan backup secara berkelanjutan terhadap data dari Harddisk utama. 

Ilustrasi Harddisk Ekternal

Yang terakhir Alat penyimpanan data lainnya ialah Memory Card di gunakan untuk membaca data digital dalam bentuk kartu flash memory, seperti gambar Digital, berkas digital, suara digital dan video digital, Memory Card mempunya kapasitas yang besar seperti flashdisk perangkat untuk membaca Memory Card ialah Memory Card reader. 
Memory Card
Jenis - Jenis Perangkat Penyimpan Data yang kita bahas semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang Jenis - Jenis Perangkat Penyimpan Data di luar komputer atau laptob semoga bermanfaat.  


Previous Post
Next Post

Jika kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.

Related Posts

0 komentar: